-->
Ads Kiri Khusus Desktop

Cerita Misteri Asu Panting dari Bugis: Chupacabra Asli Indonesia?

Generating Link...
loading...
loading...
Tak selamamya cerita hantu melibatkan wujud manusia. Bukan layaknya penampakan hantu kuntilanak ataupun pocong yang selalu bisa berhasil membuat bulu kuduk kita meremang. Di daerah Bugis, sering terdengar adanya cerita misteri tentang siluman anjing yang legendaris. Orang setempat biasa menyebutnya Cerita misteri Asu Panting. Kisah misteri ini serupa dengan sosok gaib bernama Asu baung yang terkenal di Jawa. Namun memiliki perbedaan tersendiri. Simak detailnya dibawah: 

Asal Mula Asu Panting

Dari sekian banyak cerita hantu yang pernah kita dengar, cerita hantu tentang siluman bisa dikatakan lebih langka dibanding cerita arwah penasaran. Jika sobat hantupedia punya rencana untuk main ke daerah Sulawesi Selatan, khususnya Bugis, tak ada salahnya kalian waspada dengan cerita misteri Asu Panting ini.

Tak seperti kebanyakan daerah di Indonesia atau bangunan-bangunan tua bersejarah yang ditunggui oleh arwah-arwah penasaran, di Bugis dikenal ada siluman anjing yang kerap menghantui warga setempat. Selain anjing, tak sedikit yang melabil hantu yang satu ini sebagai siluman serigala seperti layaknya makhluk mitologi berjuluk werewolf di dataran Eropa.
Pada intinya, makhluk tak bersahabat dari Bugis ini adalah hewan jadi jadian yang gemar membuat warga setempat resah. Meski jarang menampakkan diri, hantu Asu Panting dikenal jahat jika sudah mengincar mangsanya.
Siluman anjing ini pun tak pernah pandang bulu dalam memilih mangsa. Baik tua, muda, laki-laki atau perempuan bisa menjadi mangsanya jika dia sudah berburu. Meski demikian, hanya segelintir orang Bugis yang pernah menyaksikan langsung cerita misteri Asu Panting yang terkenal ini.

Kalau pun ada yang benar-benar pernah menyaksikannya, orang tersebut mungkin bisa menjadi mangsa dari siluman tersebut. Cerita misteri siluman anjing ini memang sudah turun temurun sejak dahulu kala di tanah Bugis ini.

Perwujudan sosok Asu Panting

Konon katanya, siluman ini memiliki kemampuan lari yang sangat cepat. Giginya yang tajam, lidah penuh liur yang menjulur panjang hingga tanah dan matanya yang merah menyala membuat siapapun yang menyaksikan langsung hewan jadi jadian ini akan ketakutan bukan main. Tak hanya itu, bulunya yang halus konon katanya juga dapat membahayakan nyawa manusia.
Konon jika seseorang menginjak bulu-bulu halus Asu Panting yang rontok, kakinya akan membengkak dan susah untuk disembuhkan, salah-salah orang tersebut bisa demam berkepanjangan hingga akhirnya meninggal.
Tak sedikit cerita misteri Asu Panting yang mengatakan bahwa jika tubuh kita tersentuh bulunya, maka bagian tubuh tersebut akan membengkak dan takakan sembuh. Oleh karena itu orang Bugis yang melihat kaki seorang yang diabetes meyakan bahwa ia terkena bulu Asu Panting.

Pengalaman mistis bertemu Asu Panting

Seperti yang sudah disebut di atas, hanya segelintir orang Bugis yang membuktikan secara langsung cerita hantu tentang Asu Panting yang terkenal ini. Hanya saja mereka dapat merasakan tanda-tanda kehadirannya di malam hari.

Banyak cerita misteri Asu Panting yang menyebutkan bahwa siluman asli Bugis yang satu ini gemar berkeliaran saat bulan purnama, tepatnya lewat tengah malam. Jika terdengar suara lolongan anjing atau serigala lewat tengah malam dan saat itu bulan purnama, maka kemungkinan besar suara itu adalah hantu Asu Panting tersebut sedang ingin keluar untuk mencari mangsa. Sayangnya, tak banyak yang berkesempatan untuk menceritakan kisah hantu Asu Panting secara nyata.

Cara orang Bugis menghadapi siluman Anjing Asu Panting ini?

Sosoknya yang melegenda sejak dulu tentu membuat masyarakat Bugis resah dan khawatir tiap kali mereka hendak mencari buruan di hutan. Oleh karena itu, orang Bugis biasanya akan membawa semacam bekal berupa daging. Mereka membawanya bukan sebagai makanan, melainkan untuk menjadi “pengalih perhatian” Asu panting ini.
Jadi ketika mereka bertemu dengan Asu panting ini. Mereka akan melempar atau menjatuhkan daging tersebut, lalu kemudian berlari menjauh secepat mungkin. Hal ini berlaku pula bahkan untuk perjalanan di siang hari. Karena memang dalam banyak cerita misteri asu panting yang beredar. Sosoknya bahkan sempat diketahui menampakkan diri di siang hari.

Pertanda pagebluk dan Chupacabra versi Indonesia

Di belahan dunia lain seperti pada beberapa daerah di Benua Amerika dan Eropa, terdapat istilah Chupacabra. Makhluk yang satu ini konon merupakan makhluk kriptid yang sudah lama punah, namun entah bagaimana ternyata masih ada yang tersisa. Makhluk ini meresahkan banyak orang dengan memangsa ternak. Banyak dari masyarakat Indonesia mempercayai bahwa sebenarnya Asu panting ini adalah sejenis Chupacabra yang memiliki habitat di daerah tropis.

Selain dikait-kaitkan dengan Chupacabra. Ada pula versi lain dari cerita misteri Asu panting ini adalah konon kemunculannya biasanya akan dipercaya sebagai pertanda musibah atau pagebluk di daerah tersebut. Oleh karenanya warga setempat kemudian akan melangsungkan beberapa ritual sederhana untuk tolak bala.
***
Nah, itu sih kira-kira ulasan dari kami tentang cerita misteri Asu panting yang melegenda di tanah Bugis. Yang menjadi pelajaran adalah di manapun kita berkunjung atau bermain, kita harus selalu menghormati kearifan lokal, legenda ataupun cerita misteri setempat jika tak ingin terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Salam ngeri!
loading...
loading...
loading...
Ads Kanan Khusus Desktop

Cerita Hantu

Kumpulan Cerita Hantu Seram Bikin Merinding,Kisah nyata terbaru 2019

Text Widget

Sample Text

About Me

Followers

Statistik Web:

Blog Archive

Blog Archive

Categories

Labels

Labels

loading...
Terima Kasih Terlah Berkunjung
Jika anda tertarik dengan blog kami bisa like fanspage kami


×

Ordered List

Iklan Atas Artikel

Popular Posts

Iklan Tengah Artikel 1

Pages

Iklan Tengah Artikel 2

Download

Iklan Bawah Artikel

Recent Posts

Unordered List