-->
Ads Kiri Khusus Desktop

Cerita Misteri Jembatan Sambas yang Dianggap Keramat

Generating Link...
loading...
loading...
Jembatan Sambas amat terkenal dan menjadi penghubung antar kota di kawasan selatan propinsi Kalimantan Barat. Selain memiliki fungsi vital karena menghubungkan beberapa kota lain seperti Bengkayang, Singkawang, Pemangkat dengan Sambas. Namun selain itu, jembatan ini juga dikenal sebagai tempat keramat karena dikuasai oleh makhluk Bunian (atau makhluk halus).
jembatan-sambas

Lolos Dari Serangan Jepang

Konon menurut penutur masyarakat setempat, jembatan Sambas ini luput dari serangan Jepang padahal mereka sudah berusaha membombardirnya.
Ceritanya seperti ini. Pada tahun 1941, Jepang mulai menyerang Indonesia (yang saat itu masih dibawah kuasa Belanda). Pada saat itu Jepang bermaksud menyerang markas Angkatan Udara Belanda yang terletak di Sanggau  Ledo, daerah Kalimantan Barat. Selain itu, target lain dari operasi penyerangan ini adalah Jembatan Sambas sendiri, mengingat infrastruktur itu merupakan titik vital di . Sebanyak 27 pesawat tempur disediakan untuk eksekusi operasi.
Serangan terhadap Sanggau Ledo, tidak terduga sama sekali, sebab sampai saat itu belum ada kabar yang memberitakan telah terjadi serangan atas kota atau tempat lain di mana pun di seluruh Indonesia (Hindia Belanda).
Akan tetapi, kejanggalan pun terjadi. Jembatan dan jalan yang dibangun oleh Sultan Moehammad Tsafioeddin II ini tidak hancur, walaupun sudah sengaja ditargetkan oleh tentara Jepang. Konon entah mengapa lokasi yang dibombardir adalah di daerah hutan belantara, yang tidak ada orang di sana.
Belakangan dengar-dengar, ternyata tentara Jepang melaporkan bahwa mereka melihat ada kota maju di posisi yang sebetulnya hutan belantara. Jadi apa yang dilihat oleh tentara itu?
Jadi mereka salah menjatuhkan target, karena mereka mengira tentulah kota tersebut yang dihancurkan. Itu sebabnya Jembatan Sambas luput dari serangan Jepang.
Dipercaya bahwa orang Bunian yang memang memiliki hubungan erat dengan Kerajaan Sambas, sudah membantu melindungi daerah sana dengan mengecoh para tentara. “Orang-orang Bunian akan selalu menjaga Sambas untuk selamanya. Percayalah tak akan ada satu orang pun yang bisa menghancurkan sambas, kecuali seizin Yang Maha Kuasa,” tutur Hasan, kuncen keraton Sambas.
loading...
loading...
loading...
Ads Kanan Khusus Desktop

Cerita Hantu

Kumpulan Cerita Hantu Seram Bikin Merinding,Kisah nyata terbaru 2019

Text Widget

Sample Text

About Me

Followers

Statistik Web:

Blog Archive

Blog Archive

Categories

Labels

Labels

loading...
Terima Kasih Terlah Berkunjung
Jika anda tertarik dengan blog kami bisa like fanspage kami


×

Ordered List

Iklan Atas Artikel

Popular Posts

Iklan Tengah Artikel 1

Pages

Iklan Tengah Artikel 2

Download

Iklan Bawah Artikel

Recent Posts

Unordered List